Tutorial Membuat Akun Facebook Ads | Terupdate!

majalah ponsel

Saat sebelum belajar metode membuat Facebook Ads, perlu Kamu tahu kalau Indonesia ialah negeri penyumbang pengguna Facebook terbanyak keempat di dunia sehabis India, Amerika Serikat, serta Brasil.

Berdasarkan data yang dirilis majalahponsel.org, Indonesia menyumbang 140 juta pengguna aktif Facebook pada tahun 2021. Maksudnya lebih dari separuh penduduk Indonesia memakai Facebook.

Selaku owner bisnis, apa yang terlintas dalam pikiran Kamu ketika melihat banyaknya orang Indonesia yang memakai Facebook?

Ya, benar. Kamu bisa menggunakan Facebook untuk kebutuhan kanal marketing Kamu. Kamu bisa menjangkau lebih dari separuh penduduk Indonesia yang tersebar dari Sabang sampai Merauke memakai satu platform saja.

Mengenal Facebook Ads

Facebook Ads merupakan media beriklan yang diperuntukan kepada pengguna Facebook selaku audiens nya. Penempatan iklan umumnya terletak pada beranda ataupun sidebar.

Ada sebagian tipe iklan online yang disediakan oleh Facebook Ads. Bila dilihat dari wujudnya ada iklan video serta iklan gambar. Facebook Ads juga mempunyai sebagian jenis iklan yang dilihat dari tujuannya misalnya, Impression, Traffic, Lead serta lain sebagainya.

Tidak hanya sebab jumlah pengguna aktifnya yang berlimpah serta terus bertambah dari tahun ke tahun, Facebook Ads juga mempunyai bermacam kelebihan selaku platform iklan yang andal untuk bisnis Kamu. Apa saja kelebihan Facebook Ads? Berikut penjelasannya:

Kelebihan dari Facebook Ads

Sehabis mengenali penafsiran Facebook Ads, berikut ini sebagian alibi kenapa Kamu wajib beriklan di Facebook.

Pengguna Aktif

Pengguna Facebook tidak cuma banyak, namun juga aktif. Facebook tercantum 5 besar media sosial yang paling sering digunakan di Indonesia.

Apalagi kenyataannya, orang Indonesia rata-rata menghabiskan waktu 17 jam per bulan (Kompas, 2021) di media sosial buatan Mark Zuckerberg ini.

Demografi Beragam

Tidak hanya mempunyai pengguna berlimpah yang aktif, demografi pengguna Facebook juga bermacam-macam. Berdasarkan laporan Hootsuite 2021, 56 persen pengguna Facebook merupakan pria serta 44 persen sisanya merupakan wanita.

Dilihat dari kelompok umur, Facebook juga menawarkan sasaran audience beragam. Semacam yang bisa Kamu amati pada grafik di dasar ini, Facebook mempunyai sebaran pengguna dari kelompok umur aktif dari anak muda sampai berusia.

Target Spesifik

Dari sekian banyaknya pengguna aktif dengan demografi yang bermacam-macam, Kamu bisa memastikan sasaran iklan Kamu sespesifik bisa jadi. Kamu bisa mempersempit sasaran iklan berdasarkan lokasi, umur, sampai atensi serta hobi.

Jarak Organik Facebook Tidaklah Cukup

Bisa jadi Kamu sudah mempunyai fanpage bisnis di Facebook dengan jumlah follower ribuan ataupun apalagi puluhan ribu.

Sayangnya, saat ini Facebook mempraktikkan sistem timeline non linear yang kerapkali menimbulkan follower Kamu terlambat ataupun apalagi tidak melihat promo serta penawaran yang Kamu posting di fanpage.

Solusinya? Kamu bisa menggunakan Facebook Ads. Facebook Ads tidak cuma membolehkan untuk menjangkau follower Kamu, namun juga memperoleh follower baru.

Remarketing

Sama dengan Google Ads, Facebook Ads juga menawarkan fitur remarketing.

Dengan adanya fitur remarketing, sasaran audience Kamu tidak cuma melihat iklan Kamu di Facebook, namun juga di web serta aplikasi yang bekerja sama dengan Facebook.

Dengan begitu, Kamu bisa mempertahankan buying intent sasaran audience Kamu lewat iklan yang tersebar di Facebook, web serta aplikasi yang berkolaborasi dengan Facebook.

Efektif untuk Bermacam Tujuan Marketing

Facebook Ads sediakan bermacam opsi tujuan marketing, dari memperoleh trafik, mengumpulkan leads, unduh aplikasi, sampai melaksanakan pembelian.

Kamu bisa memilih salah satu dari opsi tujuan marketing yang paling sesuai dengan bisnis Kamu.

Tutorial Membuat Akun Facebook Ads

Sehabis membuat halaman di Facebook, saat ini Kamu sudah bisa melaksanakan metode membuat Facebook Ads. Berikut merupakan metode membuat iklan di Facebook Ads:

  • Masuk ke menu Business Suite
  • Akses Facebook Ads Manager
  • Memahami dasbor Facebook Ads Manager
  • Memahami tujuan campaign
  • Buat campaign
  • Buat ADS sets
  • Buat ads.

Lebih detailnya lagi, silakan ikuti tutorial metode membuat facebook ads di dasar:

Pergi ke Bagian Menu Business Suite

Selaku awalan metode membuat Facebook ads, silakan masuk ke menu Business Suite.

Business Suite merupakan tempat untuk mengelola ads. Mulai dari pengaturan iklannya sampai ke bermacam aplikasi yang tersambung dengan Facebook. Semacam Instagram maupun e-commerce.

Akses Fb Ads Manager

Sehabis masuk ke Business Suite, akses Facebook Ads Manager dengan metode klik Ads ->Ads Manager.

Mengenali Dasbor Fb Ads Manager

Metode membuat Facebook ads yang selanjutnya, masuk ke Facebook Ads Manager, Kamu hendak melihat dasbor untuk mengelola iklan.

Untuk mengoperasikannya, hendaknya Kamu kenali dulu guna masing-masing menu di dasbor Facebook Ads Manager:

  • Ads: iklan yang hendak sasaran audiens Kamu jumpai
  • Ads sets: Ads sets terdiri dari banyak ads yang terbuat untuk mencapai goal campaign. Isinya berbentuk pengaturan promosi ads. Mulai dari sasaran audiens, budget, agenda, sampai penempatan iklan
  • Campaign: tujuan utama yang mau diraih melalui kumpulan Ads sets. Misalnya, tingkatkan brand awareness.

Mengenali Tujuan Campaign

Tidak hanya menguasai dasbor Facebook Ads Manager, Kamu juga wajib mengenali tujuan campaign. Karena, campaign merupakan fokus dari tujuan promosi Kamu. Baik itu awareness, consideration, sampai conversion.

Saat ini pada dasbor, silakan seleksi menu Campaign ->Create.

Setelah itu, seleksi campaign yang mau Kamu jalankan. Jika Kamu masih bimbang, ayo ikuti penafsiran masing-masing campaign sehabis gambar di dasar ini.

Awareness

  • Pemahaman Merk (Brand Awareness): Tingkatkan pemahaman serta rasa sering di dengar sasaran audiens atas sebuah produk/jasa.
  • Jangkauan (Reach): Menunjukkan iklan ke sebanyak bisa jadi audiens sesuai dengan jumlah anggaran Kamu.

Consideration

  • Kemudian lintas (Traffic): Memusatkan orang dari Facebook ke platform yang Kamu mau. Misalnya, web, konten web, apps, dll.
  • Interaksi (Engagement): Menjangkau audiens yang berpotensi berhubungan dengan Kamu.
  • Pemasangan aplikasi (App Installs): Mengajak orang menginstal aplikasi tertentu.
  • Penayangan video (Video Views): Membagikan video bisnis ke sasaran audiens.
  • Pembuatan prospek (Lead Generation): Mengumpulkan prospek untuk bisnis Kamu. Bisa berbentuk data alamat email, no telepon, dll.
  • Pesan (Messages): Menjalakan koneksi dengan sasaran audiens melalui Messenger, Direct Messages Instagram, sampai WhatsApp.

Conversion

  • Konversi (Conversion): Mendesak orang berperan ke toko online Kamu. Misalnya, menginstal aplikasi, membeli melalui web, dll.
  • Penjualan katalog produk (Catalogue Sales): Menunjukkan katalog produk Kamu untuk memesatkan transaksi.
  • Kunjungan toko (Store Traffic): Mempromosikan toko raga ke sasaran audiens biar mereka ingin berkunjung langsung.

Buat Ad Sets

Bila campaign sudah dibuat, ayo atur metode kerja ads Kamu. Saat ini, silakan seleksi menu Ad Sets ->Create.

Jika sudah, klik opsi Use Existing Campaign.

Seleksi kampanye yang sudah Kamu buat pada sesi lebih dahulu,

Setelah itu, isikan judul yang Kamu mau pada kolom Ad Set. Klik Continue. Kemudian, seleksi Facebook Page yang mau Kamu promosikan.

Pada penjelasan selanjutnya, Kamu hendak mengatur metode kerja ads dengan lebih detail. Tidak harus berlama-lama, ayo kita mulai.

Budget serta Jadwal Promosi

Ada 2 budget untuk Kamu seleksi. Daily budget, ialah bayaran rata-rata yang mau Kamu keluarkan per harinya. Juga lifetime budget, ialah total bayaran yang Kamu keluarkan sepanjang periode tertentu. Tidak hanya itu, Kamu juga bisa mengatur durasi ads.

Target Audiens

Di settingan ini Kamu bisa memfokuskan ads ke sasaran audiens tertentu. Mulai dari posisi sasaran audiens, usia serta gender, serta detail bonus yang lain.

Penempatan Iklan

Atur di posisi mana saja Kamu mau Facebook menunjukkan iklan. Entah Facebook, Instagram, Messenger, dsb.

Keamanan Brand

Fitur ini menolong iklan Kamu bebas dari konten yang membahayakan reputasi bisnis. Konten sensitif berbau kekerasan, misalnya.

Optimasi Iklan

Mau budget iklan Kamu lebih terkendali? Menu optimasi iklan menolong Kamu mengalokasikan budget supaya lebih pas sasaran serta efisien.

Buat Ads

Selesai mengatur metode kerja ads, saat ini saatnya Kamu membuat ads. Lengkap dari judul, tampilan visual, bacaan promosi, serta fitur pendukung yang lain.

Terlebih dulu, seleksi menu Ads -> Create.

Seleksi campaign objective maupun klik Use Existing Campaign untuk memilih kampanye yang sempat terbuat.

Berikutnya, lengkapi informasi berikut:

  • Ad Name, ialah nama iklan yang Kamu buat
  • Identity, terpaut halaman bisnis serta akun media sosial untuk menerbitkan ad
  • Ad Setup, ialah tipe iklan Facebook ads yang mau diseleksi. Kamu juga bisa memilih iklan sebelumnya
  • Ad Creative, ialah pengaturan tampilan visual ads Anda
  • Languages, ialah fitur untuk menerjemahkan otomatis iklan Anda
  • Tracking, tools untuk menolong Kamu memantau performa iklan.

Untuk melaksanakan metode membuat Facebook ads yang jitu, memanglah Kamu perlu usaha serta pengalaman berulang kali.

Related posts