Memiliki anak kecil, Anda sebagai orang tua juga memiliki peranan sebagai seorang guru. Andalah yang paling dekat dengannya untuk menanamkan budi pekerti, kesopanan hingga kebiasaan-kebiasaan yang kelak menjadi perilaku si kecil saat dewasa. Kebiasaan sedari kecil akan menjadi kebiasaan di masa dewasa. Untuk itu Anda sebagai orang tua perlu mengajarkan kebiasaan baik apalagi yang berguna untuk menjaga kesehatannya. Anda dapat tanya dokter anak cara menjaga kesehatan si kecil melalui asupan makanannya sehari-hari, selain itu ajarkan kebiasaan baik berikut ini agar menjadi cara sederhana baginya untuk menjaga kesehatan hingga dewasa:

  • Mencuci tangan.

Hal yang sepele ini dapat menghindarkan si kecil dari berbagai masalah kesehatan. Tangan sebagai bagian tubuh yang sering digunakan untuk melakukan berbagai aktivitas. Dengan tangan si kecil memegang mainan, bersalaman dengan orang lain, mengambil benda-benda hingga makan minum. Kebersihan tangan terutama telapak tangan sangat penting agar saat menyentuh bagian mulut, hidung dan mata, tak ada kuman penyakit yang ditransfer masuk. Untuk itu ajarkan kebiasaan cuci tangan sesering mungkin. bukan hanya sebelum makan namun juga setelah bermain, setelah menyentuh hewan, setelah datang dari sekolah hingga sebelum tidur. Cuci tangan menggunakan sabun pencuci tangan atau cairan alkohol sebagai desinfektan agar kuman penyebab penyakit mati.

  • Minum air putih.

Seringkali ibu lebih menekankan minum susu dibandingkan minum air putih. Padahal semakin dewasa, manusia akan berhenti memproduksi enzim pengurai susu sehingga jika masih mengkonsumsi susu dapat mengakibatkan diare. Lain halnya dengan air putih. Diminum semakin banyak akan semakin baik karena membantu kinerja ginjal dalam membersihkan kotoran dari dalam tubuh. Biasakan si kecil minum air putih khususnya setelah makan, setelah beraktivitas dan untuk minum obat agar dapat membantu ginjal dalam melakukan fungsinya dengan lebih mudah.

  • Menggosok gigi sebelum tidur.

Kebiasaan menggosok gigi sebelum tidur sangat penting untuk menjaga kekuatan gigi hingga dewasa. Tumpukan sisa makanan di sela-sela gigi akan menjadi sarang kuman dan bibit penyakit. Jika dibiarkan lama terutama saat anak tidur, kuman akan menjadi aktif untuk menggerogoti gigi dan menyebabkan lubang. Dengan membiasakan menggosok gigi sebelum tidur, akan membantu gigi anak tetap kuat hingga dewasa.

  • Makan buah dan sayur.

Kebiasaan ini penting untuk menjaga kesehatan anak dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuhnya. Banyak penyakit yang bisa menjangkiti tubuh manusia karena sistem kekebalan tubuhnya rendah. Dengan makan buah dan sayur anak akan mendapatkan kebutuhan nutrisi untuk memiliki sistem kekebalan tubuh baik seperti vitamin, mineral, dan zat antioksidan.

  • Istirahat cukup.

Usia pertumbuhan, anak lebih banyak membutuhkan waktu istirahat dibandingkan orang dewasa. Saat anak beristirahat, sel dan jaringan tubuh akan mengalami metabolisme dengan lebih maksimal. Di malam hari juga merupakan waktu regenerasi sel terjadi sehingga di pagi hari mereka dapat bangun dengan lebih segar. Biasakan anak tidur tidak melebihi batas waktu tidurnya di malam hari dan berikan waktu istirahat setelah mengerjakan PR.

Dengan membangun kebiasaan baik sedari kecil, Anda akan membantu buah hati untuk menjaga kesehatannya sedari dini. Namun jika si anak mengalami gejala sakit, jangan ragu untuk tanya dokter anak secara langsung maupun melalui aplikasi Halodoc terlebih dahulu. Halodoc merupakan aplikasi yang dapat mempertemukan Anda dengan dokter spesialis anak untuk bertanya seputar kesehatan anak agar tepat dan bermanfaat.