Seberapa pentingkah strategi bagi suatu organisasi? Jawabannya adalah sangat penting. Hal ini secara garis besar dapat menggambarkan seberapa penting peranan dari penerapan strategi yang dilakukan oleh suatu organisasi.

Strategi dibuat khusus oleh top manajemen atau kepala bidang fungsional lainnya. Perencanaan strategis dibuat berdasarkan masukan yang diterima dari staf atau karyawan yang berada di level lebih bawah terlebih dahulu sehingga secara tidak langsung seluruh staf dan karyawan yang ada di suatu perusahaan tersebut memberikan kontribusi dalam penyusunan  perencanaan strategis pada setiap organisasi.

Terdapat tiga tahapan dalam manajemen strategi, pertama perumusan strategi, kedua implementasi strategi dan ketiga evaluasi strategi

Perumusan strategi sendiri diawali dari pembuatan visi dan misi organisasi, menetapkan tujuan jangka pendek dan jangka panjang, melakukan pengidentifikasian peluang dan ancaman dari lingkungan eksternal dan identifikasi kekuatan dan kelemahan internal perusahaan. pemilihan alternatif strategi sampai dengan pemilihan strategi yang paling tepat.

Manfaat manajemen strategi bagi organisasi :

  1. Memberikan arah jangka panjang yang dituju
  2. Membantu organisasi dalam beradaptasi pada perubahan perubahan yang sedang terjadi
  3. Membuat suatu organisasi lebih efektif
  4. Mengidentifikasi keunggulan komparatif suatu organisasi dalam lingkungan yang semakin berisiko
  5. Aktivitas penyusunan strategi akan mempertinggikan kemampuan perusahaan untuk mencegah munculnya sebuah masalah yang ada di perusahaan di masa yang akan datang
  6. Keterlibatan karyawan dalam penyusunan strategi sangat penting dan jauh lebih memotivasi mereka tentang bagaimana tahapan pelaksanaannya
  7. Mengurangi aktivitas yang tumpang tindih
  8. Keengganan untuk berubah dari karyawan lama berkurang

Manajemen strategi sendiri diawali dari penyusunan visi dan misi untuk sebuah organisasi. Bagi perusahaan besar, penyusunan visi dan misi adalah suatu hal yang umum dilakukan ini bertujuan agar menentukan arah dan tujuan perusahaan tersebut. Sedangkan bagi usaha mikro dan kecil terkadang belum membuat visi dan misi dengan alasan visi misi dipandang hal yang tidak penting untuk dilakukan.  Padahal untuk dapat mempertahankan keberlangsungan usaha, organisasi perlu memiliki suatu cita-cita, keinginan untuk menjadi apakah di masa depan dan angan-angan ini harus diaktualisasikan dalam bentuk visi dan misi organisasi.

Berbagai jenis strategi bisa diimplementasikan organisasi, dengan mendasarkan pada kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman. Mulai dari integrasi vertikal dan horizontal, pengembangan produk, pengembangan pasar, penetrasi pasar, diversifikasi, divestasi sampai  likuidasi. Implementasi strategi tersebut oleh organisasi seperti yang dilakukan oleh PT Astra Internasional dengan membangun saluran distribusi untuk memasarkan penjualan mobilnya melalui  pendirian PT. Auto 2000.

AUTO 2000 adalah salah satu jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang mobil Toyota yang berdiri sejak tahun 1975 pada waktu itu namanya adalah astra Motor Sales dan berubah nama menjadi AUTO 2000 pada tahun 1989 dengan di bawah PT Astra Internasional Tbk sebagai manajemen secara penuh. Saat ini AUTO 2000 yang sudah terkenal sebagai retailer mobil Toyota terbesar di Indonesia yang menguasai sekitar 42% dari total pasar penjualan mobil Toyota. Saat ini Auto 2000 memiliki kurang lebih 124 outlet resmi dan direncanakan jaringan AUTO 2000 akan terus bertumbuh untuk kedepannya.

Demikian informasi yang bisa saya berikan mengenai Pentingnya Manajemen Strategi bagi Perusahaan semoga bermanfaat untuk Anda.