Konsultasi pada dokter spesialis saraf sangat penting dilakukan bagi Anda yang mengalami gejala tertentu seperti sakit kepala yang tidak kunjung sembuh, sulit berkonsentrasi, maupun pusing disertai nyeri pada bagian kepala belakang tanpa alasan yang jelas. Perubahan mood secara drastis dan kehilangan kontrol pada bagian tubuh tertentu juga menjadi beberapa gejala umum yang sering dialami oleh para penderita penyakit saraf. Oleh sebab itu, agar bisa mendapatkan penanganan yang tepat, sebaiknya segera lakukan konsultasi pada dokter spesialis saraf di Jakarta Pusat yang mudah ditemukan karena letaknya yang strategis dan buka hampir setiap hari.

Perlu Anda ketahui bahwa penyakit saraf merupakan gangguan kesehatan yang menyerang sistem saraf otak maupun bagian sumsum tulang belakang yang memiliki fungsi untuk memberikan kontrol penuh ke seluruh tubuh. Jika kondisinya sistem saraf mengalami kelainan, maka sebagian atau bahkan seluruh fungsi tubuh dapat terganggu mulai dari gangguan daya ingat, pernafasan, berbicara, merasa sulit bergerak bahkan dapat terjadi komplikasi ke organ vital didalam tubuh.

Ada tiga jenis sistem saraf pada tubuh manusia yang ketiganya memiliki peranan sangat penting, mulai dari saraf motorik, sistem saraf sensorik dan sistem saraf otonom. Untuk itu, ketiga sistem tersebut harus selalu dalam kondisi stabil dan dijaga kesehatannya agar dapat berfungsi dengan baik. Akan tetapi, jika kondisinya Anda mengalami berbagai gejala kelainan seperti di atas, maka segera lakukan konsultasi ke dokter dengan beberapa prosedur seperti berikut, antara lain:

  • Riwayat kesehatan pasien.

Sebelum melakukan langkah pemeriksaan, biasanya dokter spesialis saraf akan menanyakan terlebih dahulu riwayat kesehatan pasien yang akan ditangani, meliputi keluhan yang dirasakan, faktor keturunan, tindakan operasi atau bedah yang pernah dilakukan maupun jenis obat yang sedang dikonsumsi. Pada beberapa kasus, gaya hidup pasien juga menjadi salah satu penentu tindakan selanjutnya yang akan dilakukan.

  • Pemeriksaan fisik.

Langkah berikutnya yang akan dilakukan adalah jenis pemeriksaan fisik, jenis tes ini umumnya sangat beragam mulai dari pengambilan sampel tertentu, pemeriksaan bagian tubuh pasien, serta pemeriksaan menggunakan berbagai alat bantu yang dapat mendukung hasil akurat.

  • Pemeriksaan tambahan atau penunjang.

Agar hasil yang didapat lebih terjamin, biasanya sebagian dokter juga akan melakukan pemeriksaan penunjang pada pasien yang akan menjalani prosedur pengobatan. Jenis pemeriksaan ini dapat meliputi tes laboratorium, radiologi maupun tes lain yang dinilai sesuai dengan kondisi dan hasil yang diharapkan.

Setelah pasien selesai melakukan berbagai prosedur konsultasi dan pemeriksaan yang dianjurkan, maka biasanya dokter akan memberikan hasil diagnosa yang telah didapat. Hasil ini nantinya dapat digunakan untuk menentukan tahap tindakan selanjutnya yang harus dijalani pasien agar penyakit yang dialami dapat segera ditangani dengan tepat. Penyakit saraf masuk dalam kategori gangguan kronis berbahaya, sehingga sebaiknya Anda jangan menunda pengobatan penyakit tersebut agar tidak berakibat fatal.

Demikian ulasan mengenai prosedur konsultasi pada dokter spesialis saraf di Jakarta Pusat. Anda dapat menjadikannya sebagai referensi jika mengalami salah satu gejala seperti di atas atau justru hal tersebut terjadi pada kerabat Anda. Memiliki hidup sehat merupakan impian setiap orang agar dapat terus beraktivitas dan menjalankan kegiatan dengan lancar. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda perbaiki pola makan gizi seimbang sedini mungkin serta istirahat cukup dan lakukan olahraga secara teratur. Menjadwalkan tes pemeriksaan kesehatan atau medical checkup dengan rutin juga dapat menjadi salah satu antisipasi terbaik.