Beginilah Daur Ulang Sampah Plastik Rumah Tangga!

  • Whatsapp
Daur Ulang Sampah Plastik Rumah Tangga

Sejak tahun 1950-an, ternyata penggunaan akan bahan-bahan plastik kian meningkat drastis. Tak heran, jika produksinya pun juga terus meningkat dari tahun ke tahun. Tentu saja kondisi ini menimbulkan permasalahan baru terkait penimbunan sampah plastik.

Banyak masyarakat tidak terlalu paham mengenai bagaimana cara tepat membuang sampah tersebut. Seringkali kita lihat bahwa sampah plastik ditimbun di dalam tanah, memenuhi aliran sungai, serta berserakan di pinggir jalan. Contoh sampah plastik tersebut seperti bungkus makanan, kantong plastik, hingga botol air minum.

Hal ini dikarenakan kurangnya kesadaran masyarakat dalam pemanfaatan sampah berbahan plastik. Selain itu, bahan plastik membutuhkan waktu cukup lama untuk bisa terurai. Padahal sampah berbahan plastik bisa didaur ulang agar bisa dipakai kembali, serta memiliki masa pakai yang lebih lama.

Tips Daur Ulang Sampah Plastik di Lingkungan Rumah Tangga

Dampak sampah plastik sangatlah berbahaya bagi keseimbangan lingkungan maupun kesehatan manusia. Maka dari itu, diperlukan daur ulang sebagai cara mengurangi sampah plastik yang ada di sekitar kita. Sejatinya, proses ini tidak hanya bisa dilakukan oleh pabrik daur ulang saja.

Daur ulang juga bisa dilakukan secara mandiri, mulai dari lingkup rumah tangga. Dengan begini, maka kita bisa mengurangi penggunaan sampah dari plastik yang berlebihan. Adapun cara yang bisa dilakukan untuk daur ulang di lingkungan rumah tangga, yakni sebagai berikut.

  1. Manfaatkan Botol Plastik sebagai Alat Penyiram Tanaman

Daripada Anda membuang botol plastik yang tak terpakai, lebih baik manfaatkan untuk menyiram tanaman. Anda bisa melakukannya dengan memberi lubang kecil-kecil di bagian penutup botol. Selanjutnya, Anda tinggal mengisi botol tersebut dengan air dan menggunakannya sebagai alat penyiram.

  1. Jadikan Rumah Kaca Mini

Anda juga bisa menjadikan sampah dari botol plastik sebagai rumah kaca berukuran mini. Anda bisa meletakkannya di sekitar tanaman untuk melindunginya dari angin. Cara membuatnya hanya dengan melepaskan tutup botol, lalu potong di bagian bawah PET.

  1. Buatlah sebagai Pot Bunga

Di masyarakat kita, sudah cukup umum memanfaatkan botol plastik sebagai media penanaman atau pot bunga. Pastikan Anda telah melubangi bagian bawah botol tersebut, supaya air tetap bisa mengalir. Anda bisa membuat pot ini untuk tanaman yang menggunakan media tanah maupun sistem hidroponik.

Jika ingin terlihat lebih indah, anda bisa menjadikan botol bekas tersebut sebagai pot hias. Caranya adalah dengan mengecat bagian luar dari botol tersebut berwarna-warni sesuai selera. Letakkan pot dari botol tersebut di teras maupun dengan cara digantungkan.

  1. Sebagai Tas Belanjaan

Saat ini, sudah sering kita temui tas belanjaan yang terkesan ramah lingkungan. Ya, tersebut terbuat dari sampah plastik bahan-bahan daur ulang. Anda hanya perlu menyatukan bahan plastik tersebut menggunakan lem. Selanjutnya, pasangkan tali agar tas daur ulang tersebut bisa digunakan.

  1. Menjadikan Botol Bekas sebagai Karya Seni

Solusi sampah plastik selanjutnya, yakni dengan menjadikan botol bekas sebagai bahan pembuatan karya seni. Cobalah untuk mengumpulkan beberapa botol plastik tak terpakai yang ada di rumah.

Buatlah beragam karya seni dari bahan bekas tersebut. Contohnya saja dengan membuat vas bunga, tempat pensil, tempat sampah mini, tabungan, dan lain sebagainya.

Hias botol tersebut menggunakan cat berwarna warni, tempelan gambar unik, maupun lilitan tali. Daur ulang botol bekas ini tentu saja akan lebih menghemat pengeluaran. Selain itu, Anda pun bisa mengurangi penggunaan sampah plastik di lingkungan rumah tangga.

Kampanye #BijakBerplastik AQUA untuk Daur Ulang Sampah Plastik

Pada tanggal 5 Juni 2018, Perusahaan Danone – AQUA telah mengkampanyekan misi BIBER alias #BijakBerplastik. Tentu saja, tujuannya adalah untuk mengurangi sampah botol plastik di lingkungan.

Adapun tujuan lainnya, yakni sebagai upaya mengurangi permasalahan akibat sampah dari plastik dengan pengelolaan yang baik. AQUA sendiri memiliki tiga kegiatan utama terkait pengelolaan botol bekas untuk menjalankan kampanye tersebut.

Ketika kegiatan yang dimaksud yaitu, Pengumpulan, Edukasi dan juga Inovasi. Melalui kampanye BIBER ini, AQUA memiliki komitmen untuk mengumpulkan  botol bekas yang lebih banyak.

Sedangkan untuk edukasi #Bijak Berplastik, dilakukan dengan meningkatkan kesadaran masyarakat yang menyasar hingga 100 juta konsumen. Kegiatan kampanye untuk daur ulang dilakukan di lingkup sekolah dan juga ruang publik.

Bahkan, perusahaan juga telah melakukan kolaborasi dengan pemerintah maupun usaha ritel untuk uji coba daur ulang. Demi memaksimalkan hasil dari pengumpulan botol bekas dan juga edukasi seputar daur ulang, #BijakBerplastik melengkapinya dengan inovasi.

Dalam mengurangi meningkatnya sampah dari plastik, AQUA merencanakan pembuatan botol kemasan air minum yang ramah lingkungan. Rencana ini akan diwujudkan dengan pembuatan botol dari bahan yang 100% bisa didaur ulang di tahun 2025.

Langkah BIBER AQUA juga diwujudkan melalui model Recycling Business Unit (RBU). Proses daur ulang ini merupakan pengelolaan botol bekas dengan cara pengumpulan, lalu disortir, dicacah dan dicuci. Selanjutnya, cacahan botol ini akan dipakai untuk bahan baku berbagai produk daur ulang.

Berkat langkah #BijakBerplastik, hingga saat ini telah terkumpul hingga 12.000 ton botol bekas setiap tahunnya. AQUA berani mengambil langkah besar untuk pengurangan dan pengelolaan sampah plastik dengan bijak. Dengan menggunakan produk dari Aqua, berarti kita telah mendukung aksi besar #BijakBerplastik.

REFERENSI:

  • https://www.rumah.com/panduan-properti/8-ide-daur-ulang-terbaik-yang-bisa-jadi-uang-tambahan-untuk-anda-26255
  • https://m.daihatsu.co.id/tips-and-event/tips-sahabat/detail-content/-cara-mendaur-ulang-sampah-plastik-dan-tahapannya/
  • https://tokoplas.com/news/proses-daur-ulang-plastik/

Related posts