5 Cara Mengolah Ayam Jadi Empuk, Lembut, dan Bumbu Meresap

  • Whatsapp
Ayam

Untuk mendapatkan makanan terbaik haruslah dengan cara yang tepat. Sesederhana memasak ayam, ada beberapa hal yang harus dilakukan agar teksturnya empuk dan lembut.

Tentunya dengan tekstur yang lembut dan empuk, masakan akan semakin terasa lebih nikmat. Tidak hanya itu saja, bumbu juga akan terasa lebih meresap ke dalam daging.

Nah, berikut ini cara yang tepat memasak ayam agar empuk dan lezat di lidah.

  1. Masaklah dengan Ukuran yang Pas

Proses pemasakan yang baik adalah bisa menyebarkan suhu panas secara merata ke setiap bagian daging. Dengan ukuran alat yang pas, akan membuat ayam matang dengan lebih merata.

Jika terlalu kecil, maka ada bagian-bagian tertentu dari ayam yang belum matang, sedangkan di bagian lainnya sudah matang. Tentu saja hal ini akan membuat tekstur ayam tidak bisa empuk apalagi lembut.

  1. Gunakan Air Dingin

Ketika merebus ayam jangan tunggu air mendidih, akan lebih baik memasukkan ayam bersamaan dengan air yang digunakan. Hal ini membuat proses pemasakan antara air dan ayam akan matang secara bersamaan.

Jangan lupa untuk menutup bagian wadah ketika merebus ayam tersebut. tutup wadah ini tentunya akan lebih membuat suhu di dalam panci menyebar secara merata.

  1. Gunakan Bawang Putih dan Garam

Salah satu trik membuat ayam menjadi empuk adalah dengan menambahkan bawang putih dan garam saat merebusnya. Bawang putih bisa digunakan untuk proses pengempukan daging ayam.

Begitu juga dengan digunakannya garam, membuat berbagai kotoran yang menempel akan luruh.

Penggunaan bawang putih ini bisa digunakan secara utuh. Sedangkan untuk ukuran penggunaan bawang putih dan garam ini kira-kira 3 siung bawang putih, dan 2 sendok makan untuk satu ayam utuh.

Namun, ketika ayam dipotong menjadi beberapa bagian penggunaannya akan lebih sedikit. Kamu bisa menggunakan 2 siung bawang putih, dan 1 sendok makan saja.

  1. Gunakan Api Sedang

Penggunaan api sedang dalam proses pemasakan ini bisa membuat ayam matang dengan lebih merata. Selain itu, api yang sedang ini akan membuat proses pematangan lebih lama dan secara bertahap membuat bumbu-bumbu yang digunakan semakin mudah meresap.

Proses pematangan ini akan semakin efektif dengan menutup wadah panci yang digunakan dalam memasak ayam. Penutupan ini juga akan menghindari aroma bumbu yang menguap akibat proses pemasakan yang dilakukan.

  1. Masak dengan Waktu yang Tepat

Proses pemasakan pada ayam utuh dan yang sudah dipotong tentunya berbeda-beda. Luas permukaan saat dipotong akan lebih besar daripada ayam utuh.

Semakin luas permukaan dari ayam, semakin cepat proses pemasakan. Karena itu biasanya pemasakan ayam utuh akan lebih lama.

Untuk memasak ayam utuh biasanya membutuhkan waktu hingga 1 jam. Sedangkan untuk ayam yang sudah dipotong-potong biasanya membutuhkan waktu sekitar 30-40 menit.

Cara memasak ayam ini akan membuat dagingnya semakin empuk, lembut, dan bumbunya mudah merasuk ke dalam daging. Masakan ayam kamu akan semakin lezat jika menggunakan kualitas terbaik dari TaniHub.

Disini disediakan berbagai bahan segar dengan kualitas yang sangat baik dari para petani dan peternak lokal Indonesia yang sudah sangat maju.

Selain bahan dengan kualitas terbaik, kamu juga akan mendapatkan pelayanan ekstra. Proses pengiriman bahan sangat cepat, hanya butuh satu hari setelah pemesanan.

Bahkan disediakan banyak promo yang menunggu. Jadi, dapatkan daging ayam terbaik kamu di TaniHub sekarang juga.

Related posts